Senin, 29 Januari 2018

MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 6


Standar Kompetensi: 9.Memahami perubahan kenampakkan permukaan bumi dan benda langit.
Kompetensi Dasar: 9.2. Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakkan bulan dari hari ke hari.

Media Pembelajaran Fase-fase Bulan Berikut ini akan disampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan media pembelajaran fase-fase bulan. Hal-hal tersebut meliputi cara pembuatan media, petunjuk cara penyampaian atau penggunaan media pembelajaran fase-fase bulan, panduan diskusi dengan siswa berkaitan dengan penggunaan media dan konsep-konsep sains yang ingin ditanamkan kepada siswa berkaitan dengan penggunaan media.


Cara Pembuatan Media dibuat dengan cara mengecat bola sepak plastik yang ukurannya cukup besar dengan separuh warna hitam dan separuh warna putih. Bola sepak tersebut dilubangi tepat pada salah satu titik perbatasan warna hitam dan putih tersebut. Pada lubang itu dimasukkan tongkat untuk pemegang. Cara Penyampaian/Penggunaan Media 1. Mintalah siswa duduk melingkari media bola yang telah dibuat. Atur posisi bola supaya bagian putih menghadap ke papan tulis.

 2. Dari setiap posisi tempat duduknya, mintalah siswa menggambar bentuk bagian bola berwarna putih yang tampak olehnya. (masing-masing siswa akan menggambar bentuk bula/bulan purnama, tiga perempat pertama, bulan separoh, bulan sabit pertama, bulan mati (tidak nampak bulan), bulan sabit kedua, bulan separoh, tiga perempat kedua dan kembali ke bulan purnama berikutnya). 
 3. Selanjutnya mintalah siswa menempelkan gambar yang telah dibuatnya di papan tulis, sesuai dengan urutan tempat/posisi tempat duduknya.
 4. Mintalah siswa memberi tanggal pada setiap gambar bentuk bulan yang telah dibuatnya, sesuai dengan kenyataan sehari-hari. Diskusi Konsep-konsep penting yang berkaitan dengan fase-fase bulan dapat diperoleh siswa melalui diskusi dengan panduan sebagai berikut. 1. Pada umumnya ada berapa bentuk/fase bulan? Pada umumnya ada 5 macam, bulat/purnama, tiga perempat, separuh, bulan sabit dan bulan mati/tidak tampak bulan. 2. Kapan terjadi bulan purnama? Pada tangal akhir dan awal bulan berikutnya ( tgl. 30 bulan ini s/d tgl. 2 bulan berikutnya). 3. Kapan terjadi bulan mati? Kira-kira pada pertengahan bulan (tgl. 14 s/d tgl.16). 4. Apa yang menyebabkan penampakkan bentuk bulan berbeda dari hari ke hari? Penampakkan bentuk bulan yang berbeda disebabkan posisi kita yang melihat bulan itu berubah dari hari ke hari. Hal ini berkaitan dengan terjadinya rotasi dan revolusi bulan terhadap bumi. Konsep-konsep yang Ditanamkan Fase-fase bulan yang meliputi: 1. bulan purnama 2. tiga perempat 3. bulan separuh 4. bulan sabit 5. bulan mati






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil On Line

Hasil Soal Online IPA Kelas 6

Artikel Popular