Sabtu, 27 Januari 2018

MATERI US IPA KELAS 6

1.      PERUBAHAN WUJUD DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1)      Mencair
Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair.
2)      Membeku
Membeku adalah perubahan wujud dari bentuk cair ke padat.
3)      Menyublim
Menyublim adalah perubahan wujud dari padat ke gas atau sebaliknya.
4) Menguap adalah perubahan wujud dari air menjadi gas
2.      PERUBAHAN PADA BENDA
a.      Bentuk
Bentuk benda ada bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat, lonjong, kotak, persegi, kerucut, dan lain-lain. Bentuk-bentuk benda dapat mengalami perubahan. Contoh air di dalam panci dapat diubah menjadi bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan cetakannya
b.      Warna
Benda-benda di sekitarmu seperti foto, pensil, kertas, sepatu, dan tas yang semula indah warnanya lama kelamaan juga akan memudar karena pengaruh udara dan panas.
c.       Kekerasan
Benda dapat berubah kekerasannya karena pengaruh perubahan cuaca, contoh: kayu yang semula keras dapat lapuk, karena pengaruh hujan dan panas.
d.      Bau
Misalnya tikus yang mati mengeluarkan bau tidak sedap karena proses pembusukan oleh bakteri dan jamur
e.       Kelenturan
Benda-benda dari karet biasanya lentur dan elastis. Kelenturan karet ini dapat berubah karena pengaruh panas, minyak, atau bensin. Karet yang terus-menerus terkena panas matahari akan berubah menjadi kaku. Jika karet tersebut kita regangkan, karet menjadi putus karena rapuh. Begitu pula karet yang terkena minyak atau bensin, karet pun dapat mengembang dan menjadi rapuh.




Faktor-faktor yang mempengaruhi sifat benda, yaitu :
a.       Pemanasan
Sifat benda akan berubah karena pengaruh suhu atau pemanasan. Contoh: pakaian yang basah bila dijemur di terik matahari akan menjadi kering, nasi yang basah bila dijemur menjadi kering dan keras, dan lain-lain.
b.      Pembakaran
Sifat benda akan berubah karena proses pembakaran. Contohnya: kayu yang dibakar akan berubah bentuk dan warnanya, serta mengeluarkan asap (menjadi arang, warnanya hitam, dan asap berwujud gas). Sifat arang dan asap berbeda dengan sifat kayu. Perubahan ini disebut sebagai perubahan kimia
c.       Pendinginan
Sifat benda akan berubah karena proses pendinginan. Contohnya air yang didinginkan akan berubah menjadi es batu. Air adalah benda cair, sedangkan es batu merupakan benda padat. Sifat es sama dengan sifat air. Oleh sebab itu perubahan wujud merupakan perubahan fisika
d.      Pembusukan
Sifat benda akan berubah karena proses pembusukan. Contohnya: makanan yang kamu biarkan beberapa hari akan membusuk, karena pengaruh bakteri atau mikroba. Bakteri atau mikroba akan mengeluarkan zat yang menyebabkan menjadi busuk, lunak, dan berlendir.
e.       Pencampuran
Sifat benda akan berubah karena proses pencampuran. Contohnya: pembuatan tembok atau gedung dengan cara mencampurkan air, pasir, dan semen menjadi satu. Air merupakan benda cair, sedangkan semen dan pasir merupakan benda padat. Setelah terjadi pencampuran ketiganya dan dibiarkan beberapa saat, menjadi sangat keras dan memiliki sifat yang berbeda dengan aslinya. Perubahan ini merupakan perubahan kimia.
f.        Perkaratan
Logam yang sering terkena air akan cepat berkarat, karena air banyak mengandung oksigen. Jika logam, terutama besi dan baja serta seng bersentuhan langsung dengan udara dan air, maka akan terjadi reaksi oksigen membentuk karat. Warna besi atau seng berubah menjadi cokelat atau hitam. Besi atau seng yang semula keras dan kokoh berubah menjadi rapuh dan mudah patah. Perubahan ini merupakan perubahan kimia.



3.      ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Energi  adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha.
Macam – macam bentuk energi:
a.       Energi mekanik, adalah Energi yang terdapat pada benda yang memiliki Energi kinetik dan Energi potensial atau pada mesin. Contohnya pada mesin kendaraan bermotor.
b.      Energi listrik, adalah Energi yang dimiliki oleh arus listrik yan mengalir. Contohnya ketika baterai digunakan arus listrik mengalir.
c.       Energi kimia, adalah Energi yang dimiliki oleh suatu zat yang mengandung bahan kimia. Contohnya bahan bakar, zat makanan, batu bara, batu baterai, dan aki.
d.      Energi nuklir, adalah Energi yang dimiliki di dalam inti atom suatu unsure kimia. Contohnya bom atom, dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).
e.       Energi cahaya, adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang dapat menghasilkan cahaya. Contohnya matahari, lampu, TV, dan lilin.
f.        Energi bunyi, adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang dapat menghasilkan bunyi. Contohnya TV, radio, tape recorder, VCD player, dan sebagainya.
g.      Energi kalor, adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang dapat menghasilkan panas. Contohnya api, matahari, kompor yang menyala, lilin yang menyala, dan sebagainya.
h.      Energi potensial, adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang akan bergerak atau karena kedudukannya yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Contohnya air terjun, benda yang diam, dan sebagainya.
i.        Energi kinetik, adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang sedang  bergerak. Contohnya benda yang sedang bergerak.

Macam – macam perubahan bentuk energi:
a.       Energi kimia menjadi Energi listrik, contohnya:
1.      Pada batu baterai yan gsedang digunakan
2.      Aki yang sedang digunakan
b.      Energi listrik menjadi Energi kimia, contohnya:
1.      Pada waktu menyetrum aki
2.      Pelapisan logam oleh logam lainnya (penyepuhan)
c.       Energi gerak atau kinetic menjadi Energi listrik, contohnya:
1.      Pada waktu dynamo sepeda digunakan
2.      Pada waktugenerator digunakan
d.      Energi listrik menjad Energi kinetic, contohnya:
1.      Blander yang digunakan
2.      Kipas angin listrik
3.      Bor listrik
4.      Hair drayer
e.       Energi listrik menjadi Energi cahaya, contohnya:
1.      Lampu pijar yang digunakan
2.      Lampu neon
3.      Televisi
4.      Computer
f.        Energi listrik menjadi Energi bunyi, contohnya:
1.      Radio
2.      Televisi
3.      Vcd player
4.      Tape recorder
g.      Energi listrik menjadi Energi kalor atau panas, contohnya:
1.      Kompor listrik yang digunakan
2.      Solder listrik
3.      Heater
4.      Dispenser
h.      Energi nuklir menjad Energi listrik, contohnya: pada PLTN
i.        Energi matahari menjadi Energi listrik, contohnya pada system solar cell
j.        Energi panas atau kalor menjadi Energi listrik, contohnya pada:
k.Energi panas bumi menjadi listrik (PLTG)
l.Energi uap menjadi listrik (PLTU)

4.      PENGHEMATAN ENERGI DAN ENERGI ALTERNATIF

Berikut ini adalah yang termasuk sumber energi alternatif:
a.       Matahari
Energi matahari diperoleh dari cahaya panas  yang  merupakan komponen dari panas matahari. Selain memanaskan air, energi  ini juga bisa diubah menjadi listrik.
b.      Angin
Energi angin adalah energi yang dihasilkan oleh  udara yang berhembus di permukaan bumi. Energi angin dapat diubah menjadi energi mekanik untuk menghasilkan usaha. Karena angin tidak menimbulkan polusi, maka banyak negara - negara membangun turbin angin sebagai sumber tenaga listrik tambahan.
c.       Panas Bumi
Energi  panas bumi adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi. Energi panas ini dihasilkan di dalam inti bumi yang ditimbulkan oleh peristiwa peluruhan partikel-partikel radioaktif di dalam batuan.  Inti bumi terbentuk dari magma yang mengalir menembus berbagai lapisan batuan di bawah tanah.  Saat  mencapai reservoir air bawah tanah, terbentuklah air panas bertekanan tinggi yang keluar ke permukaan bumi melalui celah atau retakan di kulit bumi, maka timbul sumber air panas yang biasa disebut uap panas.
d.      Biomassa
Biomassa merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui karena tumbuhtumbuhan dapat kita tanam setiap saat.  Dari berbagai macam bahan bakar biomassa, kayu merupakan kebutuhan yang sangat  banyak digunakan, seperti pada rumah tangga dan pada ketel uap. Membakar biomassa bukan cara satusatunya untuk menghasilkan energi karena biomassa dapat juga dikonversi ke bentuk energi lain diantaranya gas metana atau etanol dan biosolar.

Agar sumber energi tersebut tidak habis, maka perlu dilakukan penghematan energi.
Cara-cara menghemat energi adalah :
1.    Mematikan lampu bila tidak diperlukan
2.    Mengunakan lampu redup ketika tidur
3.    Mematikan keran air jika tidak diperlukan
4.    Mematikan kompor setelah selesai digunakan
5.    Menggunakan ari secukupnya untuk mencuci pakaian atau mencuci mobil/motor
6.    Mematikan televisi/radio bila tidak ditonton/didengar
7.    Menggunakan AC seperlunya
8.    Menggunakan listrik dengan daya (watt) rendah
9.    Tidak menggunakan kendaraan bermotor jika jarak dekat
10.          Menggalakkan kegiatan gemar bersepeda

5.      PEMUAIAN DAN PENYUSUTAN BENDA

Pada dasarnya setiap benda atau zat, baik itu zat padat, zat cair, ataupun gas akan memuai (mengalami pertambahan panjang, luas, atau volume)  ketika dipanaskan, dan sebaliknya, ketika benda atau zat tersebut didinginkan akan menyusut (mengalami pengurangan panjang, luas, atau volume).
Contoh kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan:
a.    Pemasangan ban roda lori kereta api
b.    Pembuatan keping bimetal
c.    Membuka tutup botol.
d.    Sambungan rel kereta api
e.    Pemasangan kabel listrik atau kabel telepon
f.     Konstruksi sambungan jembatan

6.      PERPINDAHAN PANAS DAN PENGHANTAR PANAS

Kemampuan zat atau benda dalam menghantarkan kalor  juga berbeda-beda. Oleh karena itu, kemampuan benda-benda di alam dalam menghantarkan kalor dibedakan kedalam dua kelompok: konduktor dan isolator. Konduktor adalah kelompok benda-benda yang mudah menghantarkan kalor. Contoh konduktor adalah tembaga, besi, aluminium, dan sejenisnya. Sedangkan isolator adalah kelompok benda-benda yang sukar menghantarkan kalor. Contoh isolator adalah kayu, karet, plastik, dan sejenisnya. Secara umum, bahan-bahan yang terbuat dari logam umumnya merupakan konduktor kalor, sedangkan bahanbahan yang terbuat dari non logam umumnya merupakan isolator kalor. 

Perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari
a.       Konduksi
Konduksi, atau disebut juga hantaran, merupakan salah satu cara perpindahan kalor melalui suatu perantara zat tanpa disertai perpindahan bagian-bagian dari zat itu. Misalnya, ketika kita memanaskan logam pada salah satu ujungnya, maka lambat laun ujung lainnya akan menjadi panas karena adanya perpindahan kalor  melalui logam tersebut. Contohnya, apabila seseorang memasak dengan menggunakan panci, maka api dari kompor akan memanaskan bagian dasar panci terlebih dahulu sebelum kemudian seluruh permukaan badan panci menjadi panas. 
b.      Konveksi
Konveksi merupakan salah satu cara perpindahan kalor melalui suatu zat disertai oleh perpindahan zat tersebut. Perpindahan kalor secara konveksi hanya terjadi pada zat cair dan gas (fluida). Perpindahan kalor secara konveksi dinamakan juga aliran panas, karena bagianbagian zat itu terus mengalir selama pemanasan. Misalnya, perpindahan kalor melalui air yang dipanaskan. Ketika air dipanaskan, maka bagian air yang panas akan berkurang massa jenisnya, sehingga akan naik ke permukaan. Tempat air panas tersebut akan digantikan oleh air dingin yang juga akan mengalami hal serupa dengan air panas sebelumnya. Proses seperti ini terus berulang hingga akhirnya seluruh bagian air menjadi panas.
c.       Radiasi
Radiasi atau pancaran merupakan cara perpindahan kalor tanpa perpindahan zat perantara. Misalnya pancaran sinar matahari. Panas  dari matahari dapat sampai ke bumi, walaupun jarak antara bumi dan matahari sangat jauh dan diantara bumi dan matahari terdapat ruang hampa.

7.      BUNYI DAN ALAT-ALAT MUSIK

Bunyi dapat diserap, benda-benda yang dapat menyerap bunyi adalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebut peredam bunyi. Misalnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol. Benda-benda tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya gaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan, studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahan tersebut supaya tidak terjadi gaung atau kerdam.

Berbagai contoh alat musik berdasarkan cara membunyikannya :
a.       Digesek ( Alat Musik Gesek )
Alat musik gesek menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai. Contoh alat musik yang membunyikannya dengan cara digesek antara lain Rebab, Biola/Violin, Tarawangsa, Violoncello/Cello, Viola
b.      Ditiup ( Alat Musik Tiup )
Alat musik tiup menghasilkan suara sewaktu suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. Contoh alat musik yang dibunyikan dengan cara ditiup Seruling, Terompet, Harmonica, Saksofon, Fluta, Bason, Tuba, Pianika, Trombone, Clarinet
c.       Dipukul ( Alat Musik Pukul )
Alat musik pukul menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Berbagai contoh alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul :
1.    Bernada
Kolintang, Gambang, Perangkat Gamelan, Arumba, Calung, Vibraphone, Bellira, Glockenspiel, Xylophone
2.    Tak bernada
Bongo, tamborin, kastanyet, rebana, kendang, ketipung, cymbal, tympani, triangle, gong, tifa, pauken, drum set
d.      Dipetik ( Alat Musik Petik )
Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik Kecapi, Ukulele, Jentreng, Sasando, Harpa, Sitar, Siter, Gitar, Banjo, Mandolin, Pipa /Cina Kecapi.
e.       Digetarkan ( Alat Musik Getar )
Alat musik getar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digetarkan. Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara digetarkan/digoyang yaitu angklung, marakas.

8.      SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN PENERAPANNYA




Arah bayangan benda
a.       Kenampakan matahari di pagi hari



Matahari terbit di ufuk timur. Bayangan mengarah ke barat dan lebih panjang dari benda aslinya. Panas matahari tidak terlalu menyengat. Udara terasa sejuk. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D.
b.      Kenampakan matahari di siang hari








Matahari berada tepat diatas kepala kita. Bayangan tepat ada di bawah kaki kita. Panas terasa menyengat. Udara terasa panas. Sinar matahari siang jika terlalu banyak tekena kulit dapat menyebabkan penyakit kulit.
c.       Kenampakan matahari di sore hari

Matahari terbenam di barat. Bayangan mengarah ke timur dan lebih panjang dari benda aslinya. Panas matahari tidak terlalu menyengat. Udara terasa hangat. Saat matahari terbenam langit berwarna JINGGA dan dinamakan dengan LEMBAYUNG.
d.      Kenampakan matahari di malam hari

Saat malam hari matahari sebenarnya tetap menyinari bumi. Bagian bumi yang disinari oleh matahari mengalami siang hari. Sedangkan bagian bumi yang tidak disinari oleh matahari mengalami malam hari.

Cahaya merupakan salah satu spektrum gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium. Cahaya memiliki sifat-sifat-sifat sebagai berikut: 
1.    Dapat dilihat langsung oleh mata.
2.    Memiliki arah rambat yang tegak lurus arah getar (transversal).
3.    Merambat menurut garis lurus.
4.    Memiliki energi.
5.    Dipancarkan dalam bentuk radiasi atau pancaran yang dihasilkan dari partikel-partikel bermuatan listrik yang bergerak
6.    Dapat mengalami pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi (lenturan), dan    polarisasi (terserap sebagian arah getarnya).

9.      LISTRIK, RANGKAIAN LISTRIK DAN MAGNET

Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran.
a.       Rangkaian Seri

Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang.
Perhatikan gambar rangkaian seri di atas!
Berdasarkan contoh rangkaian seri di atas, maka ciri-ciri rangkaian seri adalah sebagai berikut.
1)      Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir melalui lampu 1melalui lampu 2, demikian pula yang melalui baterai 1 dan baterai 2.
2)      Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan putus.

b.      Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang. Alat listrik yang dapat dirangkai secara paralel adalah lampu. Perhatikan gambar rangkaian paralel di bawah ini!
1)      Lampu disusun paralel
Berdasarkan contoh di atas maka ciri-ciri rangkaian paralel sebagai berikut.
a.    Arus mengalir melalui satu cabang atau lebih. Arus listrik yang melalui lampu 1 atau baterai 1 tidak melalui lampu 2 atau baterai 2.
b.     Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak arus listrtik akan tetap mengalir melalui cabang yang lain.
Rangkaian listrik di rumah kita dipasang secara paralel, sehingga jika salah satu lampu dipadamkan lampu yang lainnya tetap menyala.

c.    Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran adalah rangkaian perpaduan antara rangkaian seri dan parallel. Perhatikan contoh rangkaian campuran berikut!

Cara membuat magnet:
a.       Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

Pembuatan magnet dengan penggosokan


Besi yang semula bukan magnet,   dapat dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet. Ujung-ujung besi yang digosok akan terbentuk kutub-kutub magnet. Kutub-kutub yang terbentuk tergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Pada ujung terakhir besi yang digosok, akan mempunyai kutub yang berlawanan dengan kutub ujung magnet penggosoknya.

b.      Membuat Magnet dengan Cara Induksi

pembuatan magnet dengan cara induksi
Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya adalah besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Ujung besi yang berdekatan dengan kutub magnet batang, akan terbentuk kutub yang selalu berlawanan dengan kutub magnet penginduksi. Apabila kutub utara magnet batang berdekatan dengan ujung A besi, maka ujung A besi menjadi kutub selatan dan ujung B besi menjadi kutub utara atau sebaliknya.

c.       Membuat Magnet dengan Cara Arus Listrik

pembuatan magnet cara elektromagnetik
Besi dan baja dapat juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal inimenyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang dibuat dengan cara arus listrik disebut magnet listrik atau elektromagnet.
Besi yang berujung A dan B dililiti kawat berarus listrik. Kutub magnet yang terbentuk bergantung pada arah arus ujung kumparan. Jika arah arus berlawanan jarum jam maka ujung besi tersebut menjadi kutub utara. Sebaliknya, jika arah arus searah putaran jarum jam maka ujung besi tersebut terbentuk kutub selatan. Dengan demikian, ujung A kutub utara dan B kutub selatan atau sebaliknya.

10.  SUMBER DAYA ALAM DAN PENGELOLAANNYA
Sumber daya alam memiliki banyak manfaat seperti:
a.       Bahan makanan
b.      Obat-obatan
c.       Ekologi
d.      Estetika dan Budaya

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui:
Tumbuhan, hewan, dan air termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui, jadi tidak akan habis selama manusia melestarikannya. Tumbuhan dapat ditanam kembali, hewan dapat diternakkan lagi, air sumbernya dari alam, manusia tinggal menggunakan secukupnya.
Bahan bakar minyak tanah, bensin, dan gas berasal dari minyak bumi; berbagai logam dan bahan bangunan, seperti kapur, pasir, dan batuan berasal dari mineral. Minyak bumi dan mineral termasuk sumber daya alam yang tak dapat diperbarui, suatu saat dapat habis dan manusia tidak dapat membuat kembali karena terjadi di alam dalam waktu yang berjutajuta tahun lamanya.

Dampak pengambilan bahan alam secara sembarang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Beberapa contoh kerusakan lingkungan adalah sebagai berikut.
a.       Pembukaan  lahan untuk pe r tanian dan pemukiman kadangkadang dilakukan dengan cara membakar hutan. Kebakaran  hutan dapat menyebabkan kabut asap yang mencemari udara. Asap dapat menyebar ke perkotaan bahkan sampai ke negara tetangga. Kebakaran hutan menyebabkan hewan-hewan dan tumbuhan hutan mati atau lari ke daerah pemukiman
b.      Penebangan hutan secara sembarangan menyebabkan hutan gundul. Akar pohon yang berfungsi untuk menahan air hujan tidak ada lagi, maka dapat timbul erosi dan banjir. Hutan gundul mengakibatkan hewan-hewan di hutan kekurangan tempat hidupnya, hewan tidak dapat berkembang biak lagi sehingga dapat menyebabkan kepunahan berbagai jenis hewan
c.       Pengambilan ikan dengan cara pukat harimau, bom, aliran listrik dan racun sangat merusak lingkungan laut. Dengan cara pukat harimau seluruh ikan terjaring sampai ke ikan yang masih kecil. Kalau ikan ini terjaring maka jenis ikan ini akan habis. Bom, aliran listrik, dan racun selain akan memusnahkan  ikan  juga akan memusnahkan hewan laut dan tumbuhan laut.
d.      Sekarang ini diduga di laut kita banyak terumbu karang yang rusak. Terumbu karang merupakan tempat ikan kecil hidup atau tempat ikan bertelur. Jika terumbu karang tidak ada, ikan kecil akan mudah dimakan ikan-ikan besar. Laut yang memiliki terumbu karang yang indah dan ikan laut yang bermacam-macam sebenarnya merupakan tempat wisata yang menakjubkan  seperti di  Bunaken.
e.       Pengambilan mineral atau hasil tambang secara terus menerus akan menghabiskan seluruh bahan alam ini. Minyak bumi dan mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga penggunaannya harus secara bijaksana karena manusia tidak dapat menciptakannya. Penggalian bahan tambang ini harus hati-hati karena dampaknya bisa merusak lingkungan. Pengambilan pasir terus-menerus seringkali mengakibatkan longsor.

11.  DAUR AIR DAN CARA PELESTARIANNYA

Siklus air dapat dijelaskan dalam 5 tahap. Tahap pertama, saat Matahari menyinari permukaan Bumi yang berupa air. Saat mendapat cahaya Matahari molekul-molekul air akan bergerak. Makin cepat molekul bergerak, penguapannya semakin besar. Tahap kedua, molekul-molekul air naik menuju atmosfer dalam bentuk uap air. Tahap ketiga, seluruh uap air naik menuju atmosfer. Semakin tinggi uap air naik, uap air semakin dingin. Molekul-molekul air lalu melambat dan saling menempel. Saat itulah terjadi pengembunan. Hasil pengembunan ini berbentuk awan. Tahap keempat, titik-titik air terus bergabung di dalam awan. Saat titik-titik air tersebut cukup besar dan berat, mereka jatuh sebagai presipitasi. Presipitasi dapat berbentuk air hujan, salju, maupun kristal es tergantung suhunya saat pengembunan. Tahap kelima, air yang jatuh ke permukaan Bumi mengalir ke sungai, danau, laut, dan sebagainya. Beberapa air yang jatuh ke permukaan Bumi terserap ke dalam tanah.

Berbagai contoh kegiatan manusia yang dapat memengaruhi daur air antara lain :
a.       penggundulan hutan
b.      penggunaan air secara boros atau berlebihan
c.       mengubah daerah resapan air menjadi tempat bangunan
d.      membuang sampah secara sembarangan
e.       penutupan permukaan tanah dengan aspal

12. VIDEO TATA SURYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hasil On Line

Hasil Soal Online IPA Kelas 6

Artikel Popular